RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No. 01/SK 01/ KD 1
Sekolah : SMA Negeri Kutowinangun
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (dua belas ) / 1
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus Akuntansi Perusahaan dagang
Kompetensi Dasar : 1.1 Mencatat transaksi/ dokumen kedalam jurnal khusus
Indikator : 1. Mendeskripsikan perusahaan dagang.
2. Mengklasifikasikan akun-akun khusus perusahaan dagang.
3. Mencatat transaksi kedalam jurnal khusus
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa mampu mendeskripsikan perusahaan dagang .
b) Siswa mampu mengklasifikasi akun-akun khusus perusahaan dagang.
c) Siswa mampu menerapakan tahapan pencatatan transaksi-transaksi perusahaan dagang dengan mengkaji berbagai sumber .
d) Siswa mampu melakukan penjurnalan transaksi-transaksi perusahaan kedalam jurnal khusus
B. Materi Pokok
a. Definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang
b. Transaksi-transaksi khusus perusahaan dagang
c. Jurnal khusus perusahaan dagang : Jurnal pembelian, Jurnal penjualan,jurnal
pengeluaran kas, jurnal penerimaan kas,dan jurnal umum.
C Pendekatan
Kontekstual
D. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran Inovasi ( presentasi ) cara belajar siswa aktif
E. . Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
- guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual
-siswa berserta guru bersama-sama berdoa dipimpin oleh seorang siswa kemudian
mengucapan salam
-Guru memeriksa kondisi kelas kemudian menanyakan kesiapan siswa untuk belajar.
-Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
b. Motivasi
- Guru menyampaikan pesan-pesan moral tentang nilai-nilai yang terkandung dalam
materi pembelajaran misalnya ungkapan rasa syukur atas setiap anugrah yang
dilimpahkan kepada kita,tentang pentingnya kesabaran, ketekunan, ketelitian,tertib,
kejelasan dalam mengerjakan suatu pekerjaan, serta terus mengembangkan talenta
yang dimiliki sebagai bekal hidup dimasa depan.
- Pentingnya kegiatan mencatat setiap kejadian yang terjadi agar dapat mengingat kembali peristiwa tersebut.
2. Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Konfirmasi
Pertemuan 1
a. Siswa dikelompokkan menjadi lima kelompok, di mana masing-masing kelompok
terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan pengertian dan ciri-ciri perusahaan
dagang,.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengklasifikasikan transaksi keuangan perusahaan
dagang , apakah transaksi pembelian, transaksi penjualan transaksi pengeluaran kas,
transaksi penerimaan kas, atau transaksi jurnal umum.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan pengertian , bentuk dan cara
mencatat transaksi keuangan kedalam jurnal pembelian, jurnal penjualan,
e.Kelompok keempat diberi tugas untuk menjelaskan pengertian
jurnal khusus pengeluaran kas..
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, bentuk dan cara
mencatat transaksi keuangan kedalam jurnal khusus penerimaan kas.
g.Kelompok 6 diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, bentuk, serta cara mencatat
transaksi keuangan kedalam Jurnal Umum.
h. masing-masing kelompok mengkaji materi sesuai tugas yang diberikan oleh guru
melalui berbagai sumber misalnya buku, internet, atau referensi yang relevan.
3. Kegiatan Akhir
a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
b. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal dirumah
b. Guru dan siswa melakukan refleksi
c. Guru mencatat materi yang telah disampaikan siswa pada buku recor guru dan jurnal
kelas.
d. berdoa bersama dan mengucapkan salam penutup
Pertemuan 2
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
- guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual
-siswa berserta guru bersama-sama berdoa dipimpin oleh seorang siswa kemudian
mengucapan salam
-Guru memeriksa kondisi kelas kemudian menanyakan kesiapan siswa untuk belajar.
-Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
b. Motivasi
- Guru menyampaikan pesan-pesan moral tentang nilai-nilai yang terkandung dalam
materi pembelajaran misalnya ungkapan rasa syukur atas setiap anugrah yang
dilimpahkan kepada kita,tentang pentingnya kesabaran, ketekunan, ketelitian,tertib,
kejelasan dalam mengerjakan suatu pekerjaan, serta terus mengembangkan talenta
yang dimiliki sebagai bekal hidup dimasa depan.
- Pentingnya kegiatan mencatat setiap kejadian yang terjadi agar dapat mengingat kembali peristiwa tersebut.
2. Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Konfirmasi
a. kelompok 1 mempersentasikan tugasnya tentang pengertian dan ciri-ciri perusahaan
dagang di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggap, dengan
menanyakan hal-hal yang belum jelas kepada kelompok penyaji materi atau kepada guru.
b. kelompok 2 mempersentasikan tugasnya tentang mengklasifikasikan transaksi
keuangan di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi, dengan
menanyakan hal-hal yang belum jelas kepada kelompok penyaji materi
atau kepada guru.
c.Siswa mengoreksi hasil pencatatan yang salah.
3. Kegiatan Akhir
a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
b. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal dirumah
b. Guru dan siswa melakukan refleksi
c. Guru mencatat materi yang telah disampaikan siswa pada buku recor guru dan jurnal
kelas.
d. berdoa bersama dan mengucapkan salam penutup
Pertemuan 3
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
- guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual
-siswa berserta guru bersama-sama berdoa dipimpin oleh seorang siswa kemudian
mengucapan salam
-Guru memeriksa kondisi kelas kemudian menanyakan kesiapan siswa untuk belajar.
-Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
b. Motivasi
- Guru menyampaikan pesan-pesan moral tentang nilai-nilai yang terkandung dalam
materi pembelajaran misalnya ungkapan rasa syukur atas setiap anugrah yang
dilimpahkan kepada kita,tentang pentingnya kesabaran, ketekunan, ketelitian,tertib,
kejelasan dalam mengerjakan suatu pekerjaan, serta terus mengembangkan talenta
yang dimiliki sebagai bekal hidup dimasa depan.
- Pentingnya kegiatan mencatat setiap kejadian yang terjadi agar dapat mengingat kembali peristiwa tersebut.
2. Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Konfirmasi
a. kelompok 3 mempersentasikan tugasnya tentang pengertian , bentuk dan cara
mencatat transaksi keuangan kedalam jurnal pembelian, jurnal penjualan,
di depan kelas, sedangkan
kelompok yang lain menanggapi, dengan menanyakan hal-hal yang belum jelas kepada
kelompok penyaji atau kepada guru.
b. kelompok 4 mempersentasikan tugasnya tentang pengertian
jurnal khusus pengeluaran kas.. di depan kelas, sedangkan
kelompok yang lain menanggapi, dengan menanyakan hal-hal yang belum jelas kepada
kelompok penyaji atau kepada guru.
c.Siswa mengoreksi hasil pencatatan yang salah.
3. Kegiatan Akhir
a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
b. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal dirumah
b. Guru dan siswa melakukan refleksi
c. Guru mencatat materi yang telah disampaikan siswa pada buku recor guru dan jurnal
kelas.
d. berdoa bersama dan mengucapkan salam penutup
Pertemuan 4
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
- guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual
-siswa berserta guru bersama-sama berdoa dipimpin oleh seorang siswa kemudian
mengucapan salam
-Guru memeriksa kondisi kelas kemudian menanyakan kesiapan siswa untuk belajar.
-Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
b. Motivasi
- Guru menyampaikan pesan-pesan moral tentang nilai-nilai yang terkandung dalam
materi pembelajaran misalnya ungkapan rasa syukur atas setiap anugrah yang
dilimpahkan kepada kita,tentang pentingnya kesabaran, ketekunan, ketelitian,tertib,
kejelasan dalam mengerjakan suatu pekerjaan, serta terus mengembangkan talenta
yang dimiliki sebagai bekal hidup dimasa depan.
- Pentingnya kegiatan mencatat setiap kejadian yang terjadi agar dapat mengingat kembali peristiwa tersebut.
-
2. Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Konfirmasi
a. kelompok 5 mempersentasikan tugasnya tentang pengertian, bentuk dan cara
mencatat transaksi keuangan kedalam jurnal khusus penerimaan kas.
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggap, dengan
menanyakan hal-hal yang belum jelas kepada kelompok penyaji materi atau kepada guru.
b. kelompok 6 mempersentasikan tugasnya tentang pengertian, bentuk, serta cara mencatat
transaksi keuangan kedalam Jurnal Umum.
3. Kegiatan Akhir
a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
b. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal dirumah
b. Guru dan siswa melakukan refleksi
c. Guru mencatat materi yang telah disampaikan siswa pada buku recor guru dan jurnal
kelas.
d. berdoa bersama dan salam penutup
Pertemuan 5
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
- guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual
-siswa berserta guru bersama-sama berdoa dipimpin oleh seorang siswa kemudian
mengucapan salam
-Guru memeriksa kondisi kelas kemudian menanyakan kesiapan siswa untuk belajar.
-Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
b. Motivasi
- Guru menyampaikan pesan-pesan moral tentang nilai-nilai yang terkandung dalam
materi pembelajaran misalnya ungkapan rasa syukur atas setiap anugrah yang
dilimpahkan kepada kita,tentang pentingnya kesabaran, ketekunan, ketelitian,tertib,
kejelasan dalam mengerjakan suatu pekerjaan, serta terus mengembangkan talenta
yang dimiliki sebagai bekal hidup dimasa depan.
- Pentingnya kegiatan mencatat setiap kejadian yang terjadi agar dapat mengingat kembali peristiwa tersebut.
-
2. Kegiatan Inti
- Eksplorasi
- Konfirmasi
a. Siswa latihan mengerjakan soal soal tentang jurnal pembelian dan jurnal penjualan.
b. Siswa latihan mengerjakan soal soal tentang jurnal pengeluaran kas dan jurnal penerimaan
kas.
c.Siswa bersama guru membahas jawaban soal.
3. Kegiatan Akhir
a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
b. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal dirumah
b. Guru dan siswa melakukan refleksi
c. Guru mencatat materi yang telah disampaikan siswa pada buku recor guru dan jurnal
kelas.
d. berdoa bersama dan salam penutup
F.Penilaian
Jenis Tagihan
-Ulangan
-Tugas Individu dan Kelompok
Bentuk Tagihan
-Tes tertulis :
-Tes Uraian
-Tes Obyektif
-Portofolio
Instrumen :
Instrumen No.. 02/SK I/ KD 2 ( terlampir )
Alat penilaian :
- Tes/kuis lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
- Ulangan harian
G. Sumber dan Alat
- Sumber belajar: buku teks, internet ,Buku Ekonomi SMA Kelas 12, buku referensi yang
relevan
- Alat belajar : alat tulis menulis, computer/ lap top, flash dish,LCD,CD
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran Ekonomi
…………………... ………………………
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar